Dear selebgram yang fee endorse atau paid promote nya kemahalan..... (TIPS ENDORSE SELEBGRAM)

Hai,
Jumpa lagi kita... haha lo aja kali  kali ini gue mau curhat lagi tapi of course beda topik sama yang kemarin2.

Maaf kalo judul postnya kepanjangan haha

Harusnya sih gue ngerjain tugas tapi gara-gara ga nemu ya gapapa lah ngepost dulu mah di blog wkwkwk.

Jadi gini, sekarang gue mau bercerita tentang selebgram.
You know kan selebgram? yes, selebgram or selebrity instagram itu orang-orang yang followers instagramnya bisa dibilang banyak ya kalo menurut gue sih 10K lebih lah udah bisa disebut selebgram.


Udah tau kan kalo para selebgram ini menggunakan media instagram untuk menjadi lahan keuntungan bagi mereka?
Yep! salah satunya adalah jadi objek endorse para online shop di instagram.
sebelumnya gue udah bahas ya endorse itu apaan. Eh eh btw maaf nih kadang gue ngomong aku kadang juga gue ya maklumin aja ya, anak mudah(?)
Hem... gue, yang disini merasa punya onlineshop di instagram pernah juga sih ngendorse selebgram, beberapa bulan yang lalu, kalo ga salah awal tahun, dan pada saat itu masih gratis sih ngendorse nya.
Jadi ada beberapa selebgram yang kalo di endorse itu harus bayar atau nyantumin fee.

Gue waktu itu ngendorse salah satu hijabers selebgram yang followersna 10k dan alhamdulillah ngaruh ke penjualan kerudung dan nambahin followers di online shop gue.

Tapi... you know what? sekarang yes, banyaaaaaaak banget selebgram yang akhir-akhir ini gue temukan, dan mereka pasang FEE yang ALAIHIUMGAMBRENG.
pasti ga ngerti? ya maksud gue ada beberapa selebgram yang pasang fee untuk di endorse itu BERLEBIHAN padahal disisi lain, artis beneran juga bukan.

Contohnya, kemarin gue nemuin 2 selebgram dengan followers under 60K dan minta fee untuk sekedar PAID PROMOTE (bukan endorse) dan cuma di KEEP 24 JAM dengan biaya 350k
gile gak tuh? gue gak bales lagi dah line / e-mailnya. ada juga tuh yang kalo di endorse fee nya mahal, barangnya milih yang bagus, photo asal-asalan, ga ngaruh ke penjualan. ZONK

Gini ya, ehm...biar gue jelasin *benerin dasi(?)*
You know account @tutorialhijab?  di instagram ? disitu followersnya sekarang udah 500k lebih dan fee nya itu cuma 180k. Fee nya murah banget kan? ya kalo menurut gue sih lumayan murah untuk ukuran followers setengah juta itu. Nah, pertanyaan gue untuk para selebgram yang nyantumin harga kemahalan, apa coba alasannya?

Gue juga tadi baru beres browsing soal testimoni para online shop yang udah ngendorse selebgram, ada beberapa antara mereka merasa rugi dan ga balik modal karena mereka memilih selebgram yang salah, mereka dapet photo hasil selebgram yang tidak memuaskan bahkan bisa dibilang jelek tapi mereka udah bayar fee yang lumayan. Sebenernya sih itu konsekuensi juga buat para onlineshop.

Tips dari gue buat online shop instagram  sebelum ngendorse :
1. Lihat profil selebgram yang bersangkutan, lihat genre(?) nya, apakah dia seorang hijabers, contohnya kira2 kalo hijabers bakalan nyambung gak sama barang dagangan yang kamu jual.
2. Cek photo hasil selebgram tersebut, apakah bagus, atau asal-asalan cuma selfie ga jelas, photo nya rumek, resolusinya kecil atau engga.
3. Cek likers & commenter photo (biasanya ada selebgram yang followersnya 50k tapi likersnya bisa tembus 3k ada juga yang followersnya 70k tp likersnya cuma 1k) kalo menurut gue, likers itu menentukan apakah si selebgram itu famous, eksis, atau engga.
4. Survey ke beberapa selebgram yang memiliki jumlah followers sama atau lebih banyak, cek fee mereka. (bagusnya dapet yang fee nya rendah tapi followers dan likers photo selebgram tsb banyak banget)
5. Untuk yang endorse nya ke selebgram yang fee nya lumayan, tawarkan produk kalian yang harganya gak terlalu WOW biar kalau misalnya feedbacknya buruk, seenggaknya kalian gak rugi banget.
6. Untuk yang mau PP usahakan captionnya bagus dan photonya juga bagus.

hmm... semoga tips diatas berguna bagi para onlineshop yang mau ngendorse agar tidak rugi dan salah dalam memilih selebgram.
Semakin hari semakin menipis aja stock selebgram yang kalo endorse itu Free. Buat para selebgram, kalian boleh banget ngasih fee tapi tolong jangan berlebihan dong. Kalaupun berlebihan setidaknya kalian sadar apakah photo yang kalian buat itu bakalan memuaskan onlineshop atau engga. Ya istilahnya jadi PROFESIONAL lah yaaa.. secara udah pengennya di bayar mahal tapi kerjanya asal-asalan mending minta dibalikin aja deh barang onlineshop nya hehe. Tapi terserah deh, masih banyak jalan menuju roma(?) gak deng, maksud ekkeu jalan untuk promosi lain yang harganya jauh lebih murah, ikutan PAID KROYOK misalnya....

Semoga para selebgram yang fee nya mahal banget itu baca postingan gue yak hiks hiks
Sekarang gue mau berhusnudzon aja, mungkin juga fee mereka mahal tuh karena mereka gak mau ngepost photo online shop terlalu banyak di akun sosial pribadi mereka. mungkin ya MUNGKIN hehehe...

Okedeh segitu aja curhatan dari gue.

Wassalam.

20 komentar:

  1. kak bagi list endorse selebgramnya dong.. kirim ke oktaviyaniprayitno@gmail.com ya
    makasih byk ☺

    BalasHapus
  2. Mohon maaf untuk yg mau minta list fee endorse selebgram lewat email, aku sudah tidak akan membalas email kalian karena setiap bulan / tiap selebgram followersnya naik, pasti fee nya juga naik, jadi ada baiknya kalian langsung saja hubungi management atau contact yang ada di bio ig selebgram yang bersangkutan :)

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Hahaha hayoooo loh pilih pake 'aku' atau 'gue' Nov :D

    eh btw, gw nanya. Paid promote sama endorse bedanya apa yak? :o gw masih rancu nov.

    Tp emg iya. Jaman skrg jarang bgt selebgram yg masang tarifnya free.


    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai.. maaf baru balas ya Sherly,
      Jadi Paid Promote sama Endorse itu beda. Bedanya apa?
      Paid promote = Olshop cuma ngasih gambar buat diupload sama selebram dan mereka juga kasih fee untuk post photo itu ke selebgramnya.
      Endorse = olshop ngasih barang dan bayar juga ke selebgram, jadi selebgramnya photo barang itu trus upload ke ig mereka

      Gitu. Semoga ngerti ya hehe :)

      Hapus
  5. umm.. kalo mau ngajak selebgram buat bantuinn promo event, menurut kk gimana?

    BalasHapus
  6. Pernah juga endorse hijab ke salah satu selebgram hijabers yang lumayan lah bagus kalo foto foto followersnya juga lumayan, tapi sayang feedbacknya dikit banget-_- tips supaya pilih selebgram yg feedbacknya bagus gimana ya?

    BalasHapus
  7. Bikin group line atau wa yuk buat evaluasi selebgram, dari tulisan ini dibuat sekarang selebgram semakin mahal aja, harganya dari 350rb, 800rb, 1.2jt sampe 3jt.

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Kalo cari yg free caranya gimana ya mba? Apa tiba2 nanya ke selebgram langsung atau gimana

      Hapus
    2. Kak, boleh share yang free? lagi butuh banget karna makin kesini dapet yang free mulai jarang

      Hapus
    3. Aku open free endorse kalau berminat blh dm via ig aku : @novaad_

      Hapus
    4. Yang mau free endorse bisa hub saya di ig @rivanmld_ insha Allah saling membantu aja dan saya masih belajar jadi masih newbie (pemula) selebgram😁😊 aku juga masih kurang ngerti lebih dalam tentang per endorse an, Paid Promote, campaign, BS. Tolong yang tau sekalian kasih tau saya pengen tau lebih dalam☺🙏 DM ig @rivanmld_ / email ku, terimakasih sebelumnya🙏

      Hapus
  9. Yang mau free endorse bisa hub saya di ig @yulianasari.17 insha Allah saling membantu aja dan saya belajar jd newbie selebgram hehe.. Makasih kak, tulisannya keren. Jd menurut sy, kita semua cari duit di berbagai lahan, sayangnya kadang mereka tdk tahu diri hehe. Begitu kira2, mengapa pasang tarif mahal. Hahaha.

    BalasHapus
  10. Yang mau free endorse bisa hub saya di ig @yulianasari.17 insha Allah saling membantu aja dan saya belajar jd newbie selebgram hehe.. Makasih kak, tulisannya keren. Jd menurut sy, kita semua cari duit di berbagai lahan, sayangnya kadang mereka tdk tahu diri hehe. Begitu kira2, mengapa pasang tarif mahal. Hahaha.

    BalasHapus
  11. saya Open endorse, ig saya @ellyvia09
    Fee Murah dan di keep selamanya LOH^^ DM aja ya

    BalasHapus
  12. Free PP nih kak, cek ig gw ya @nn_nissa :)

    BalasHapus
  13. Manfaat banget nih postingannya buat aku yang baru mau jadi endorse. Baru tahu juga kalo ada paid promotion juga. Yang mau produknya aku promoin boleh banget. Aku gak nentuin tarif. New juga. Bisa dirundingkan. Gak Instagram aja. Bisa post blog juga. Bisa cek blog dan ig aku di @deris_afriani

    BalasHapus

 
Hirena's Journey Blog Design by Ipietoon