Pengalaman Kuliah di UIN

Assalamualaikum wr.wb.

Heheh how are you guys?

kali ini aku mau berbagi cerita tentang pengalamanku kuliah di UIN Sunan Gunung Djati Bandung atau sering disingkat jadi UIN SGD BDG UIN sagede Bandung #gakdeng .

Aku ceritakan dari awal aku kuliah aja ya. Mungkin ada beberapa part yang aku lupa maklum ajalah ya namanya manusia. Daripada banyak cingcong langsung aja ke point nya yesss.

Awal masuk UIN SGD karena aku lolos ujian SBMPTN tahun 2013 lalu. Dulu sih namanya SBMPTN ya gatau kalo sekarang namanya apa. Hehehe.

Kenapa aku pilih UIN Bandung? First, aku gak boleh kuliah di luar Bandung. Second, aku pernah ikutan SNMPTN tapi kurang beruntung. Konon, universitas yg udah kita masukin pas daftar SNMPTN ga bakal ngelolosin kita di SBMPTN #katanya ya ga tau kalo benernya gimana. Wkwkwkwk. Third, UIN Bandung itu jurusan Sastra Inggrisnya bagus kalo menurut passing grade. Btw, aku dapat info passing grade dari temenku yg pacarnya guru GO. Dulu aku lihat di UIN Bandung itu jurusan IPA passing grade tertingginya ada di Teknik Informatika, sedangkan IPS nya passing grade tertinggi ada di Sastra Inggris. So, I think it will be worth it lah.

Setelah masuk SBMPTN aku mulai daftar ulang untuk yg lolos SBMPTN. Setelah beres daftar ulang dll, selanjutnya ada OSPEK universitas yg namanya OPAK kalo gasalah ya. Gue lupa lagi wkwkwk. Pokoknya OPAK itu cuma 3 harian di bulan Agustus akhir. Selama OPAK berlangsung, gw numpang nginep di kosan temen baru namanya Mvi, makasih ya vi waktu itu udah menopang gw wkwkwkwk.




Setelah itu mulai deh masuk perkuliahan di September awal. Jadi, belajar apa aja aku di UIN Bandung? Banyaaaaak banget. Anw, karena UIN Bandung ini dulunya adalah Institut Agama Islam Negeri, maka ga heran kalau di UIN itu ada matkul agama. Aku belajar agama dari semester 1-5. Lumayan... hehehe. Dari mulai sejarah islam, bahasa Arab, ilmu agama seperti fiqih, akhlaq, al-Qur'an, hadits, ilmu kalam. Semuanya ada. Aku bersyukur banget bisa belajar agama lebih dalam di UIN, walaupun mungkin lebih dalam lagi bagi yg ambil jurusan agama Islam. Meskipun demikian, dengan bekal pembelajaran agama di UIN ini, membuat saya tidak mudah mengkafir-kafirkan sesama muslim. Kenapa? Coba aja deh kalian googling tentang ilmu alam. Terkadang miris sama orang yg selalu mengkafirkan atau membid'ahkan sesuatu, padahal aku gatau yah mereka belajar agama seperti apa. Sangat merasa beruntung juga dengan dosen-dosen ku. Terutama dosen agama Bapak Dr. Ujang Suyatman. He's so open-minded.

Nah, matkul agama sebenarnya hanya matkul pemanis saja. Matkul yang lebih utama ada tentunya yg sesuai dengan jurusanku. Sastra Inggris. Belajar apa aja sih di Sastra Inggris? Banyak banget btw. Mulai dari sejarah, asal muasal bahasa, atau kalau mau lebih lengkap kalian bisa baca disini atau tonton video penjelasan aku disini.

Gampang ga sih dapat nilai bagus di UIN? Aku rasa itu semua tergantung dosennya. As long as we obey the rules that they make from the first deal. Jadi tiap awal pertemuan dengan dosen, selalu dibahas silabus. Silabus itu rincian apa saja yang akan kita pelajari. Biasanya dosen juga akan menjelaskan cara menilai mereka. Biasanya ada point tugas terstruktur, presentasi, ujian tengah semester, ujian akhir semester dan kehadiran. Untuk kehadiran biasanya mahasiswa dibolehkan tidak datang maksimal 3x perkuliahan dari total 16 pertemuan. Kalo lebih dari 3x, biasanya ada beberapa dosen yang melarang mereka ikut UAS. hahaha btw banyak kata biasanya ya -_-

Ya jadi begitu. Pintar pintarnya kalian lah mengatur strategi biar dapat nilai bagus. Absen jangan lebih dari 3x, usahakan aktif memberikan feedback/berargumentasi dengan teman jika sedang presentasi. Tapi kalo bisa mengajukan pertanyaan yg gak pasaran ya. Atau pertanyaan yang kalian ga tau jawabannya apa. Karena banyak juga orang yg bertanya hal yg dia sendiri tahu jawabannya, dan hanya untuk menjatuhkan presenter. Itu gak baik ya gengs.

Btw, soal pakaian di UIN banyak yg bilang perempuan harus pakai rok. Untuk peraturan itu aku ga tau sih ya berlaku di semua UIN atau tidak, tapi untuk di UIN Bandung selama aku kuliah aku bisa kok pakai celana. Dan ga ada problem. Entah karena jurusan aku sastra Inggris atau gmn. Tapi tetep sih ada beberapa dosen yg pengen kalo perempuan pakai rok tapi biasanya dosen agama dan jika sedang belajar matkul agama.

Setelah itu, di Sastra Inggris, beberapa kali juga aku pernah pentas puisi atau drama. Bikin film bikin iklan juga pernah. Nonton film sama baca novel itu udah masuk kewajiban. wkwkwkwk. Namanya juga jurusan Sastra ya. Pokoknya aku alhamdulillah gak nyesel deh milih UIN Bandung untuk pilihan jurusanku.

Selanjutnya perjuangan menuju kelulusan. Di UIN, biasanya harus hafal al-Qur'an. Untuk juznya ada macam-macam tiap jurusan. Untuk jurusan agama biasanya minimal hafal 5 juz. Untuk jurusan diluar agama biasanya kurang dari 5 juz. Kebetulan untuk jurusan Sastra Inggris hanya dipatok 2 juz. Untuk setorannya bisa dilakukan berkali-kali tergantung perjanjian dengan pengujinya. Dulu aku sempet kepikiran gak bakal lolos nih. Tapi setelah dijalankan alhamdulillah lolos. Hehehe jalan Allah mah ada aja gitu buat menghafal al-Qur'an. Oh iya, untuk jursan yg ada di fakultas saintek lebih sedikit lagi, cuma harus hafal 1 juz aja.

Jadi, hafal al-Qur'an itu termasuk salah satu syarat untuk ujian Munaqosyah (ujian yudisium).

Nah setelah itu semua terlewati, alhamdulillah... sudah lulus hehehe.

Kesan-pesanku selama kuliah di UIN sangat berkesan yg pasti. Dan merasa beruntung bisa belajar bahasa Inggris sekaligus menambah wawasan agama.

Btw, beberapa hari kebelakang aku rada-rada risih liat jawaban di situs Quo*a. Ada orang yg kesel katanya belajar agama di UIN Jakarta karena menurut dia gak penting. Disitu aku pengen ketawa. Padahal belajar agama pun buat bekal kita di akhirat. Untung-untung bisa belajar agama di institusi agama yg dosennya pasti qualified. Yang namanya belajar, gak seharusnya ada kata "gak penting. gak perlu. dll" karena disetiap pelajaran pasti kita menemukan pengetahuan yang baru.

Nah, oke, jadi mungkin segitu dulu ya pengalaman ku selama kuliah di UIN Bandung. Gimana pengalaman kalian di kampus kalian?

Oh iya kira-kira aku buat tulisan apa lagi ya di post selanjutnya?kindly leave a comment below.

Sebenernya ini sesuatu banget sih. Udah bikin draft post ini dari waktu itu dan baru bisa menyelesaikannya hari ini. Masih pagi. Sabtu pagi. Sesuatu yg harus diberikan standing ovation. wkwkwkwk Karena biasnaya jam segini masih ngegoler di kasur.

Okedeh kalo gitu,

sekian untuk kali ini

Thank you and see you next time!

1 komentar:

  1. Kayaknya menarik kuliah disana, apalagi ada hafalannya surat nya juga. Impianku juga pengen bisa hafal Qur'an, meskipun 1 atau 2 juz ಥ‿ಥ

    BalasHapus

 
Hirena's Journey Blog Design by Ipietoon