Kuliah Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Why Not?

Assalamualaikum wr. wb.

Hai... selamat tahun baru btw! wkwkwk maaf telat ngucapin tp gapapa lah yaa...

Kali ini aku mau cerita tentang pengalamanku kuliah di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris.

Hmm... aku ceritain awal mula kenapa aku ambil jurusan ini aja ya, semoga bisa membantu buat kalian yang mau kuliah ambil jurusan bahasa dan sastra Inggris tapi masih bingung.

Ok, Aku ambil jurusan ini karena alhamdulillah nilai bahasa Inggris ku semasa sekolah dulu lumayan bagus, dan aku emang suka belajar bahasa, ya apalagi bahasa Inggris hehe.
Terusss aku juga gak mau yang namanya ngitung-ngitung gitu, cz I think, kuliah tuh gak cuma sebulan dua bulan tapi 4 tahun loh! And memang nilai matematika ku dulu jelek banget, dan aku orangnya kalo ga suka sama suatu hal yaudah gak bakalan aku lanjutin dan gak bakalan penasaran sama hal tersebut, tapi kalo aku suka ya bakalan terus aku kupas/? itu hal wkwkwk.

Aku mikir kalau aku ambil jurusan bahasa dan sastra inggris, singkat aja jadi BSI deh ya, mungkin nilai kuliah ku gak bakalan ancur banget soalnya aku suka sama bahasa Inggris dan gak bakalan ketemu sama yang namanya matematika wkwkwk kalaupun ketemu paling matkul statistika buat ngebantu ngerjain skripsi tapi itupun maybe cuma 2 sks, and you know, when you mulai kuliah, buat dapet nilai A itu gak gampang men! butuh perjuangan. So, aku saranin buat kamu yang mau ambil jurusan, AMBIL JURUSAN KULIAH YANG KALIAN SUKA!
Bcz beberapa orang yang aku temuin itu banyak yang pindah jurusan karena mereka gak sanggup buat belajar di jurusan itu, mata kuliahnya mumetlah, atau mungkin dosennya killer wkwkwk



Aku juga ngeshare pengalaman aku kuliah di jurusan sastra Inggris di vlog aku loh! kalian bisa langsung tonton aja disini:

Abis tonton, jangan lupa komen pengalaman kalian juga ya!

Okay, lanjut!
Sebelum aku ambil jurusan ini, bokap sempet nanya kenapa harus ambil jurusan BSI? Bahasa Inggris itu bisa dipelajari di tempat les gak usah yang namanya kuliah ambil jurusan ini, but, you know what? pada akhirnya bokap setuju sama keputusan w buat ngambil jurusan ini bcz alhamdulillah emang berjodoh kali ya sama jurusan ini karena setelah melewati masa-masa SBMPTN alhamdulillah keterima di UIN Bandung.

Then, belajar di BSI itu gak sama kayak pemikiran orang yang bilang bahwa bahasa Inggris itu bisa di pelajari di mana aja dan kapan aja, yes itu emang betul, tapi di BSI kamu bakalan lebih dalam menguak Bahasa Inggris, mulai dari negaranya sampe bahasanya. THIS IS WHY I LOVE THIS MAJOR

Mata kuliah yang disajikan di jurusan ini bukan cuma  tentang negara Inggris juga, tapi semua sastra yang berbahasa Inggris baik yang dilahirkan di Inggris itu sendiri ataupun bukan, selain literatur kalian juga bakalan banyak nonton film di jurusan ini wkwkwk. Kalo di semester kemarin sih gue belajar nama mata kuliahnya Radio and Movie Script. Kerjaannya ya nonton film, nganalisis, presentasi, dan begitu seterusnya. Sebenernya beberapa matkul emang memiliki referensi film yang gak wajib di tonton.

Buat kalian yang les bahasa Inggris, mungkin ada beberapa instansi yang ngajarin ini :
Syntax Diagram Tree cr : http://specgram.com/CLIII.d/02.nattapong.diagram.html

Yes, itu adalah Syntax diagram tree. Selanjutnya kalian bisa cari apa itu syntax diagram tree di google, jadi gambar diagram diatas itu adalah analisis grammar dari sebuah kalimat / frasa kalian yang nantinya bakal milih jururan BSI bakal ketemu sama diagram ini di mata kuliah dari cabang linguistik yaitu Syntax.

Terus di BSI juga kalian bakal belajar ini :
cr : lthought-jv.wikispaces.com
 Tau gak mata kuliah apa yang ngajarin itu? bukan biologi loh wkwkwk tapi Phonology. Ini juga cabang dari Linguistik yang ngajarin kita bagaimana proses Bahasa itu bisa keluar dari mulut kita, terus bagaimana suatu huruf itu keluar apakah berasal dari bibir, gigi, lidah, dll deh.

Tuh kan, jadi banyak banget hal-hal yang gak diajarin dari tempat les Bahasa Inggris, tapi kalian cuma bisa belajar hal-hal itu di jurusan Bahasa dan Sastra Inggris aja.

So, don't underestimate jurusan BSI yah, karena aku yakin setiap jurusan pasti punya kelebihan masing-masing. Dan di semester 6, kalo di kampus aku sih, bakal mulai ada penjurusan apakah kita mau lebih fokus ke Sastra nya atau Bahasanya. Kalau ambil sastra ya paling ketemu novel, film, dll. kalo ambil bahasa kayaknya ketemu buku juga wkwk. Ya tapi buku yang membahas lebih lanjut linguistik. Kalau kamu mau nerusin ke S2, ya nanti jurusannya jadi lebih menjurus(?) maksudnya jadi lebih dalam lagi dari yang sudah dalam(?)

Prospek kerja lulusan BSI juga macem-macem loh, kalian bisa kerja di/ jadi :
1. Departemen Luar Negri
2. Tour Guide
3. Guru / Dosen
4. Kritikus Sastra
5. Ahli Bahasa
6. Editor
dsb.


Yah, begitulah....
Buat kalian yang udah punya basic bahasa Inggris, bagus banget kalo kalian ambil jurusan BSI ini, karena itu bakalan ngebantu nilai kalian nanti :)


KEEP FIGHTING yaaaaa

Oh iya, buat yang mau tanya-tanya lebih lanjut you can reach me on ask.fm! KLIK DISINI aku pasti jawab and i'll be glad if you're not an anonim ^_^

See you then
wassalam




12 komentar:

  1. Wihhh dulu aku mau ambil bahasa inggris, cm ga jadi xD akhirnya pindahin pilihan ke mipa (huahahaa novi pasti gabakal suka, soalnya itungan)

    emang kok. Semua jurusan ada kelebihan dan kekurangannya masing2. Yg penting kita minat disana, bukannya paksaan ortu/ikut2an temen. Nice sharing bgt Novvvv!! Gw suka ih post nya


    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    BalasHapus
  2. kalo lulusan smk apa bisa msuk sastra inggris kak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa bisa saja. Tergantung kamu mau di PT mana. Yg pasti ada seleksi masuknya kan. Lalui seleksinya, kalau lolos ya udah deh 😁

      Hapus
  3. halo mau nanyak nih, kalo jurusan sastra inggris apakah harus pintar bahasa inggris? karna aku cuman bisa b.inggris sedikit" aja
    trms

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya gak masalah, pasti yg diajari semester awal itu grammarnya dulu heheh (sotoy)

      Aku juga mau pindah jurusan, skarang lg ambil hukum Dan mau pindah ke sasing yg sepertinya lebih fun dari hukum :D

      Aku bhs Inggris gak bagus, mudah2an nanti jadi bisa seiring berjalannya waktu :D

      Hapus
    2. Ga harus pintar Bahasa Inggris gapapa kok. Semuanya akan dipelajari dari hal-hal basic di awal-awal semester.

      Hapus
  4. kak,boleh gk berbincang-bincang tentang jurusan bahasa dan sastra inggris? soalnya saya mahasiswa baru jurusan ini. Saya ingin mengetahui lebih detail tentang jurusan ini sehingga saya bisa mempersiapkan dengan matang saat kuliah nanti.

    BalasHapus
  5. Kak boleh bincang bincang lebih tengtang sasing tida?

    BalasHapus
  6. Ka gimana sih cara ngedapetin beasiswa di UIN,aku mantep banget pengen kuliah di UIN terus juga pengen ambil jurusan sastra Inggris,apakah ada tips nya gitu hhe,sharing kak (◕ᴗ◕✿)wkwk

    BalasHapus

 
Hirena's Journey Blog Design by Ipietoon